Resep Rahasia Klepon Mille Crepes

Like Comment

Klepon Mille Crepes. Mille crêpe is a cake made with many layers of crêpe (thin pancake). Mille means "a thousand" in French. Although it is written in French.

Klepon Mille Crepes Kitchen Notes Mille Crepe The Good Place September Rainbow Surabaya Amazing Places Badges Diana. Dessert lezat ini diberi nama mille crepes. Beberapa tahun belakangan ini, mille crepes juga begitu populer di Indonesia.
Kamu dapat memasak Klepon Mille Crepes dengan menggunakan 20 bahan dan 10 langkah. Berikut cara untuk kamu memasak Klepon Mille Crepes.

Bahan-bahan untuk membuat Klepon Mille Crepes

  1. Kamu butuh Bahan crepe.
  2. Siapkan 125 gram tepung terigu.
  3. Siapkan 600 ml susu cair low fat.
  4. Kamu butuh 5 sendok makan gula pasir.
  5. Siapkan 2 ml pasta pandan.
  6. Siapkan 1/5 sendok teh garam.
  7. Siapkan 3 sendok makan Hollman’s butter.
  8. Siapkan 3 butir telur ayam.
  9. Kamu butuh Bahan layering cream.
  10. Siapkan 3/4 boks bubuk Haan’s whipping cream.
  11. Kamu butuh 300 ml air es.
  12. Kamu butuh Bahan saus.
  13. Kamu butuh 80 ml susu cair low fat.
  14. Kamu butuh 1/3 bagian gula merah 1/2 bola.
  15. Kamu butuh 1/3 sendok teh garam.
  16. Siapkan Secukupnya daun pandan.
  17. Siapkan Seiris lemon, peras, gunakan airnya.
  18. Siapkan 1 sendok makan tepung maizena.
  19. Kamu butuh Taburan.
  20. Kamu butuh Secukupnya kelapa parut kering.

Crepe diberi lapisan pastry cream lembut, kemudian ditumpuk dengan crepe. Ohya, si Mille Crêpes ini setelah jadi, jangan langsung dimakan yah, rasanya paling enak dan nikmat setelah dikue ini disimpan dalam kulkas semalaman loh. Yuk, ikuti resep membuat klepon yang terbuat dari berbagai umbi dan buah-buahan sebagai. Gulingkan klepon yang sudah matang di kelapa parut.

Instruksi pembuatan Klepon Mille Crepes

  1. Tempatkan telur dan gula dalam satu wadah, aduk hingga rata. Bertahap, masukkan tepung terigu yang sudah diayak. Aduk rata, tambahkan lagi, bertahap hingga tepung habis. Sisihkan..
  2. Lelehkan butter hingga cair. Disini saya pakai microwave agar praktis dan tidak ada bahan yang terbuang, pastikan wadah yang digunakan microwave-safe. Saya pakai setting 80, 30 detik. Belum semua meleleh sih, diaduk saja, panas yang ada akan melelehkan sisanya. Sisihkan..
  3. Tuang susu cair secara perlahan di adonan step no 1. Aduk rata, tuang lagi, ratakan kembali. Tempatkan sedikit saja susu cair pada cangkir untuk dicampur pasta pandan. Lalu susu berpasta dicampurkan juga ke adonan step no 1..
  4. Tuang butter cair yang sudah tidak panas lagi ke dalam adonan, ratakan. Tidak perlu mixer, pakai whisk saja. Tutup adonan, simpan dalam kulkas kira-kira 2 jam. Penyimpanan ini membuat adonan jadi lebih lembut (berkaca dari pengalaman sebelumnya)..
  5. Kita masak crepenya yuk! Saya pakai flat pan (sebut saja teflon, tapi bukan teflon lapisan terluarnya). Sisa butter tadi saya ambil pakai tissue dan “dilapkan” ke permukaan pan. Panaskan pan dengan api sangat kecil. Masak adonan satu-persatu. Resep adonan saya cukup untuk 21 layer berhasil, dan 1 layer yang gagal. Sisihkan. Taruh crepenya dijejer ya, kalau taruh satu tumpuk banget malah nempel satu sama lain..
  6. Lalu whipcream! Dibuat sesuai petunjuk di boksnya. Air dingin disimpan di kulkas hingga dingin banget, tidak pakai esnya secara langsung. Hati-hati memilih wadah ketika mengocok dengan mixer, kalau permukaan wadah sangat mungkin untuk terkelupas (plastik, stainless steel) pastikan mengocok dalam keadaan “mengambang”. Whipcream siap, sisihkan..
  7. Masukkan susu cair dalam pan, panaskan dengan daun pandan hingga tepiannya muncul didih. Masukkan gula merah. Masukkan sedikit susu cair yg sudah dilarutkan dengan tepung maizena. Masak semua hingga rata, tapi jangan terlalu panas, hingga mengental. Di akhir, campur perasan lemon, ratakan, sesuaikan rasanya. Tambah garam sesuai selera..
  8. Sekarang semua bahan siap untuk dibentuk ya. Lapis satu persatu crepe dan whipcream. Pastikan setiap oles, tatanan kembali “dirapikan” di tepiannya, dan cream rata, tidak menumpuk di satu sisi. Lakukan hingga crepe habis. Lalu tutupi sisi atas dan pinggir “mille crepe” dengan whip cream sisanya. Kalau di tahap ini whipcream susah untuk dibentuk karena makin cair, masukkan kulkas sebentar, lalu “pahat” kembali. Tempelkan kelapa kering..
  9. Semua beres, sekarang simpan di kulkas agar cream dan crepe makin menyatu. Saya tempatkan di piring, dengan ditutup mika berbentuk dome, agar tidak kering selama pendinginan. Saya diamkan semalaman, besok paginya siap di slice👌🏻.
  10. Good morning, slice Klepon Mille Crepesmu sesuai selera. Tuang saus di atasnya..

Cake berjenis Mille Crepes ini, memiliki tekstur yg unik. Klepon (pronounced Klē-pon), or kelepon, is a traditional Southeast Asian green-coloured balls of rice cake filled with liquid palm sugar and coated in grated coconut, originating from Indonesia. The sweet glutinous rice balls is one of popular Indonesian kue, and it is commonly found in Indonesia, Malaysia. Kalau begitu coba makan mille crepes. Perbedaan mille crepes dengan crepes biasa adalah kue ini terdiri dari berlapis-lapis crepes dengan olesan krim yang lezat.

You might like

About the Author: Cindy Pradipta

Memasak bukan hanya tentang bahan, resep, dan masakan. Ini tentang memanfaatkan imajinasi, pemberdayaan, dan kreativitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *