Cara Membuat Basic Japanese Cheesecake Cocok untuk Pemula

  • Whatsapp

Basic Japanese Cheesecake Cocok untuk Pemula.

Basic Japanese Cheesecake Cocok untuk Pemula


Kamu dapat memasak Basic Japanese Cheesecake Cocok untuk Pemula dengan menggunakan 8 bahan dan 13 langkah. Berikut cara untuk kamu memasak Basic Japanese Cheesecake Cocok untuk Pemula.

Bahan-bahan untuk membuat Basic Japanese Cheesecake Cocok untuk Pemula

  1. Kamu butuh 60 gram susu cair.
  2. Kamu butuh 140 gram creamcheese.
  3. Kamu butuh 40 gram butter (saya pakai margarin krn tidak ada butter).
  4. Siapkan 50 gram tepung terigu serbaguna.
  5. Kamu butuh 15 gram tepung maizena.
  6. Kamu butuh 100 gram gula pasir.
  7. Siapkan 5 butir telur (berat dg cangkang @sekitar 58-60 gram).
  8. Kamu butuh 1/4 sdt cream of tartar (bisa diskip).

Instruksi pembuatan Basic Japanese Cheesecake Cocok untuk Pemula

  1. Pertama siapkan semua bahannya. Timbang dengan akurat. Pisahkan kuning dan putih telur dalam mangkok berbeda. Pastikan jangan ada kuning telur yang tercampur dalam putih telur..
  2. Didihkan air lalu tuang dalam loyang. Atur suhu oven ke 120°C. Biarkan sampai oven panas..
  3. Step 1. Pada step pertama ini, bisa dengan cara langsung dalam panci dengan api kecil atau menggunakan metode double boiler. Saya menggunakan metode double boiler: Panaskan air dalam panci kecil. Tumpangkan mangkok atau wadah tahan panas ukuran besar di atas panci, lalu campur susu, creamcheese dan butter. Aduk sampai semua leleh dan tercampur rata..
  4. Step 2. Angkat mangkok dari panci, tambahkan terigu dan maizena. Aduk rata menggunakan whisk sampai tepung larut. Selanjutnya masukkan 5 kuning telur yang telah disiapkan tadi. Aduk rata dengan whisk. Hasilnya seperti dalam gambar di bawah ini:.
  5. Step 3. Dalam mangkok terpisah, mikser putih telur dengan kecepatan tinggi. Ketika mulai berbusa, tambahkan cream of tartar dan sepertiga bagian gula pasir. Terus mikser dan masukkan gula pasir secara berkala. Hentikan jika adonan sudah mencapai soft peak..
  6. Step 4. Ambil sepertiga adonan putih telur, masukkan ke dalam adonan kuning. Dengan menggunakan whisk, aduk perlahan dengan gerakan memutar, dimulai dari permukaan sampai dasar mangkok. Pastikan tercampur rata lalu ambil sepertiga bagian adonan putih lagi. Aduk perlahan lagi. Ulangi sampai semua adonan tercampur. (Tahap ini bisa juga dengan metode aduk balik).
  7. Step 5. Siapkan loyang yang telah diberi kertas roti di bagian alas dan pinggirannya (lihat gambar). Saya pakai loyang segiempat ukuran 15.5×15.5 cm. Tuang adonan ke dalam loyang. Gunakan tusuk sate untuk meratakan adonan dan membuang gelembung2, hentakkan loyang beberapa kali agar gelembung2 dalam adonan keluar..
  8. Pengovenan tahap #1. Tumpangkan loyang berisi adonan ke dalam loyang berisi air panas (au ban marie). Oven selama 20 menit dengan suhu 120°C. (Paling baik gunakan termometer yang bisa dipakai dalam oven untuk memastikan suhunya tepat 120°). Gambar kedua menunjukkan adonan yang mengembang pada menit ke 15..
  9. Pengovenan tahap #2. Tanpa membuka tutup oven, naikkan suhu ke 150°C. Panggang lagi selama 15 menit. Pada menit ke 15, permukaan kue seharusnya berwarna kecoklatan. Jika setelah 15 menit belum coklat, tambah waktunya sekitar 5-10 menit..
  10. Pengovenan tahap #3. Buka tutup oven selama 10 detik lalu segera tutup. Turunkan suhunya ke 100°C dan oven lagi selama 40 menit..
  11. Setelah 40 menit, matikan oven. Buka tutup oven sebentar lalu tutup lagi. Biarkan kue dalam oven selama 10 menit baru keluarkan. Gambar di bawah adalah penampakan bagian bawah kue sesaat setelah dikeluarkan dan dilepas kertas rotinya..
  12. Close up penampakan tekstur cheesecake. Yang ini potongan-potongan terakhir, lebih rapi dari yang di foto utama karena yang di foto utama baru keluar kulkas langsung dipotong 😅 teksturnya masya Allah.. susah dideskripsikan. Moist luar biasa. Saat dites tusuk dia akan lengket di tusuk sate. Tapi bukan karena belum matang, melainkan karena memang teksturnya demikian. Mungkin ini karena penggunaan metode au ban marie..
  13. Rasanya pun masya Allah enak bangeet, nagih. Padahal pakai margarin ya, kalau pakai butter waduh ga kebayang deh pasti lebih enak 🤤 perpaduan rasa dan teksturnya sempurna. Wajib coba deh. Apalagi ini hanya pakai 5 telur. Kalau setiap stepnya diikuti dengan baik, insya Allah berhasil. Sebelum bikin ini saya tonton video Michael Lim berkali kali saking takutnya ada step yang terlewat 🤭.

Related posts