Cara Membuat Japanese Cotton Cheesecake

  • Whatsapp

Japanese Cotton Cheesecake.

Japanese Cotton Cheesecake


Kamu dapat membuat sendiri Japanese Cotton Cheesecake dengan menggunakan 11 bahan dan 16 langkah. Berikut cara untuk kamu memasak Japanese Cotton Cheesecake.

Bahan-bahan untuk membuat Japanese Cotton Cheesecake

  1. Siapkan Bahan-bahan Meringue:.
  2. Kamu butuh 3 butir telur ayam ukuran besar.
  3. Siapkan 70 gram gula kastor.
  4. Siapkan 1/4 sdt cream of tartar.
  5. Kamu butuh Bahan-bahan adonan cake :.
  6. Siapkan 125 gram cream cheese. Saya gak tentu merknya. Kadang pakai Cheesy, kadang pakai Tatura, kadang pakai Elle&Vire. Hasilnya tetap ngeju banget kok Moms.
  7. Kamu butuh 50 ml susu cair.
  8. Siapkan 25 gram butter (saya pakai Hollman butter karena butternya wangiiiii banget).
  9. Kamu butuh 30 gram tepung kunci biru. Tepungnya pakai tepung kunci ya Moms. Kalau pakai segitiga biru biasanya berakhir bantet kuenya gak mau ngembang.
  10. Siapkan 10 gram tepung maizena.
  11. Siapkan Sejumput garam.

Tahap-tahap pembuatan Japanese Cotton Cheesecake

  1. Panaskan oven di suhu 150 derajat celcius. Panas oven yang digunakan berbeda ya, tergantung masing-masing oven. Kalau di resepnya ci Tintin pakai 160 derajat. Tapi kalau saya pakai 160 derajat dg waktu yg sama, kuenya jadi gosong di atas tapi tengahnya belum matang Moms. Jadi sesuaikan dengan oven masing-masing ya Moms.
  2. Lelehkan cream cheese, butter dan susu. Saya lelehkan di panci pakai api keciiiiil aja Moms karena malas pakai teknik double boiler. Hehehe. Yang penting sebelum dilelehkan, cream cheese dan butternya di suhu ruang ya moms dan kalau bisa dipotongin dulu kecil-kecil cream cheesenya biar lebih gampang dan cepat melelehnya. Kalau pakai teknik ini harus terus diaduk ya Moms sampai meleleh.
  3. Setelah cream cheese meleleh, sisihkan dan dinginkan. Kalau sudah dingin, masukkan kuning telur satu per satu sambil diaduk menggunakan whisk. Aduk sampai tercampur rata.
  4. Kemudian masukkan terigu dan maizena beserta garam yang sudah diayak. Saya aduk menggunakan whisk ya Moms.
  5. Lalu kocok putih telur dan cream of tartar sampai berbusa dan mulai mengembang. Kemudian masukkan gula pasir sedikit demi sedikit. Kalau saya, saya masukkan jadi 3x. Saya kocok menggunakan mixer berkecepatan sedang ya Moms biar mengembangnya stabil.
  6. Kalau sudah mencapai tahapan soft peak, hentikan kocokan. Kemudian masukkan sepertiga adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur. Aduk perlahan menggunakan whisk sampai adonan menyatu.
  7. Setelah bercampur, tuang adonan kuning telur ke putih telur. Aduk pakai teknik aduk balik menggunakan spatula sampai tercampur rata. Jangan sampai overmix ya Moms. Tanda kalau sudah overmix adalah adonannya banyak gelembung udaranya kecil kecil dan adonanya agak cair. Adonan yang benar adalah adonan yang tidak ada gelembung udaranya dan adonannya kental.
  8. Setelah tercampur rata, tuangkan adonan ke dalam loyang 20×10 yang sudah dialasi dengan kertas roti.
  9. Panggang menggunakan sistem au bain marie (loyang utama dialasi loyang lebih besar yang diisi dengan air panas). Panggang selama 60 menit menggunakan api atas bawah dengan suhu 150 derajat celcius.
  10. Jika sudah matang, tidak usah didiamkan di dalam oven. Langsung saja keluarkan dan dinginkan di atas cooling rack ya Moms.
  11. Hasilnya muluuuuusssss bangettt 😍😍😍.
  12. Kalau dibelah, pori porinya mulus ya Moms. Itu tadi dari adonan yang tidak ada gelembung udara kecil-kecil dan adonannya kental. Kalau adonannya cair dan banyak gelembung udara kecil, berarti sudah overmix Moms. Masih bisa dipanggang tapi tidak semulus ini ya Moms.
  13. Cuma dengan 3 telur tapi hasilnya tinggi ya Moms 😍😍asalkan ukuran telur yang digunakan besar yaa dan kocokan putih telurnya stabil.
  14. Selamat mencoba Moms 😍.
  15. Toppingnya bisa diganti oreo atau parutan keju ya Moms.
  16. Bisa juga dipakai untuk loyang diameter 16 ya Moms. Kalau mau diameter 18 atau 20 adonannya pakai 2x nya yaa biar tinggi menjulang dan jiggly bisa goyang-goyang 😍.

Related posts