Cara Membuat Donat kentang, lembut tanpa ulen

  • Whatsapp

Donat kentang, lembut tanpa ulen. Kali ini aku share lagi resep donat kentang yg sangat lembut dan tanpa ulen. Kita ga usah capek" ngileni seperti. Halloo bundaa. kali ini Dapur Nana's membagikan resep Donat yang lembut walaupun tanpa kentang.

Donat kentang, lembut tanpa ulen

Haii semua hari ini aku bikin donat, donatnya lembut pake bahan" yang irit dan ekonomis. Resep Donat Kentang – Donat (doughnuts atau donat) merupakan salah satu roti yang proses pembuatannya dengan cara digoreng. Untuk mendapatkan donat yang lembut, mengembang, empuk dan mulus tanpa cacat maka kesempurnaan ini bisa di dapat dari adonan yang kalis elastis.
Kamu dapat memasak Donat kentang, lembut tanpa ulen dengan menggunakan 10 bahan dan 12 langkah. Berikut cara untuk kamu menyajikan Donat kentang, lembut tanpa ulen.

Read More

Bahan-bahan untuk membuat Donat kentang, lembut tanpa ulen

  1. Kamu butuh 100 g kentang, kupas, rebus hingga lunak.
  2. Kamu butuh 275 g tepung terigu serba guna.
  3. Siapkan 100 ml air hangat.
  4. Kamu butuh 4 sdm gula halus.
  5. Kamu butuh 3 sdm susu bubuk.
  6. Kamu butuh 2 butir kuning telur.
  7. Kamu butuh 2 sdm margarin.
  8. Siapkan 1 sdt ragi instan (fermipan).
  9. Siapkan 1/2 sdt baking powder.
  10. Kamu butuh 1/2 sdt garam.

Selain donat kentang, sebenarnya kita juga bisa membuat aneka donat lain untuk cemilan anak anak ataupun anggota keluarga lain di rumah. Nah kalau donat yang terakhir itu menggunakan tepung khusus, yaitu tepung komachi yang membuatnya mempunyai tekstur lembut dan berongga dibagian. Kali ini aku share lagi resep donat kentang yg sangat lembut dan tanpa ulen. Kita ga usah capek" ngileni seperti dividio yg dulu ya.

Instruksi pembuatan Donat kentang, lembut tanpa ulen

  1. Rebus kentang hingga lunak, haluskan. Sisihkan.
  2. Dalam gelas, siapkan air hangat. Tambahkan 1 sdm gula halus, dan 1 sdt fermipan. Tutup gelas, biarkan 10 menit. Jika ragi berbusa/berbuih, artinya masih aktif, ragi bisa digunakan. Sisihkan gelas ragi.
  3. Campur tepung terigu, gula halus, susu bubuk, baking powder dalam baskom. Aduk rata..
  4. Tambahkan kentang dan kuning telur, aduk rata. Lapisi tangan dengan minyak goreng atau margarin ketika mencampur adonan basah. Tambahkan sedikit minyak lagi jika adonan mulai lengket..
  5. Masukkan larutan ragi, aduk rata dengan tangan. Tambahkan margarin dan garam, aduk kembali adonan. Adonan memang akan agak lengket, tidak apa-apa. Bentuk bulatan. Wrap baskom atau tutup dengan serbet. Diamkan hingga adonan mengembang (30 menit sd 1,5 jam).
  6. Jika sudah mengembang, pukul adonan hingga mengempis..
  7. Siapkan nampan yang sudah ditaburi tepung. Letakkan adonan diatas nampan. Bagi adonan menjadi 3-4 bagian..
  8. Pipihkan adonan dengan ketebalan kurang lebih 1,5-2 cm. Cetak adonan menggunakan cetakan donat atau menggunakan gelas (tanpa bolongan di tengah, membolongi donat bisa saat digoreng). Lakukan hingga semua adonan telah tercetak..
  9. Donat yang sudah dicetak letakkan dalam nampan terpisah yang sudah ditaburi tepung. Tutup dengan kain selama 15-30 menit..
  10. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil. Bolak balik donat hingga mengembang. Untuk donat yang dicetak dengan gelas, bolongi donat saat baru digoreng dengan ditusuk sumpit dan diputar-putar dengan sumpit dalam penggorengan.
  11. Basic donat siap digunakan. Jika menggunakan gula halus, masukkan gelas halus dalam piring, putar-putar donat dalam piring 2x hingga gula halus menempel. Jika dengan SKM, tambahkan SKM langsung diatas donat. Jika dengan meses, olesi permukaan donat dengan margarin. Masukkan meses dalam piring, putar-putar donat yang sudah diberi margarin ke dalam meses 2x..
  12. Selamat menikmati..

Resep ini sangat cocok buat temen" penggemar donat tapi males ngulen seperti saya Yuk simak vidionya hingga selesai biar ga gagal. RESEP DONAT KENTANG TANPA ULEN (super lembut dan montok). DONAT MADU Super Lembut Tanpa Mikser Tanpa Cetakan. Resep Donat Kentang – Pernah denger lirik lagu "Bulet-bulet bolong tengahe" nggak? Bahkan, semakin bervariasi aja macamnya, ada donat croissant, donat telo, dan donat kentang.

Related posts