Resep Mudah Donat Kentang ala Bumil

  • Whatsapp

Donat Kentang ala Bumil.

Donat Kentang ala Bumil


Kamu dapat memasak Donat Kentang ala Bumil dengan menggunakan 7 bahan dan 10 langkah. Berikut cara untuk kamu menyajikan Donat Kentang ala Bumil.

Read More

Bahan-bahan untuk membuat Donat Kentang ala Bumil

  1. Siapkan 500 gram Kentang.
  2. Kamu butuh secukupnya Gula.
  3. Kamu butuh 1 kg Tepung Terigu.
  4. Kamu butuh 1 bks Ragi.
  5. Kamu butuh 125 gram Mentega.
  6. Siapkan 3 butir Telur.
  7. Kamu butuh 1 sdt Bread Improver.

Tahap-tahap pembuatan Donat Kentang ala Bumil

  1. Kupas kentang, cuci bersih kemudian direbus hingga masak agar mudah dihancurkan.
  2. Jika sudah, hancurkan kentang. Untuk lebih mudah gunakan pantat gelas kaca yg polos guna menghancurkan kentang tersebut campur gula secukupnya. Hancurkan kentang selagu hangat/panas karena jika sudah dingin agak sulit dihancurkan.
  3. Untuk mempermudah pengerjaan, saya menggunakan mixer. Jika kentang sudah dihancurkan. Pecahkan telur diwadah, campur dengan kentang dan gula yg dihancurkan tadi, kemudian tambahkan ragi (saya menggunakan ragi merk Haan).
  4. Selagi dimixer, tambahkan tepung terigu (saya menggunakan merk Segitiga Biru + Kompas) juga bread improver. Jadikan satu semua bahan, tambah tepung terigu hingga kalis (tidak lengket). Terus aduk dan satukan menggunakan mixer. Untuk tepung sebenarnya tidak full 1kg sekitar hampir 1kg, sisanya dipakai untuk meletakkan adonan pada wadah agar tidak lengket.
  5. Jika sudah kalis (tidak lengket), artinya adonan donat tersebut telah siap untuk disimpan hingga mengembang. Penyimpanannya saya menggunakan sapu tangan bersih kemudian saya simpan dilemari kaca yang tidak terkena udara supaya lebih cepat mengembang. Tidak perlu menunggu waktu yg lama sekitar 15-20 menit adonan mengembang dengan baik. (Jangan terlalu lama, karena efek dari ragi dpt membuat rasa asam pada adonan jika dimasak).
  6. Adonan yang telah mengembah kemudian dicetak bulat kecil-kecil untuk siap digoreng..
  7. Siapkan wajan yang isi minyak, nyalakn kompor dengan api sedang. Masukkan adonan yang kecil-kecil tersebut ke wajan saat minyak telah panas, jangan lupa ketika hendak memasukkan ke penggorengan lubangi tengahnya biar jadi donat hehehe.
  8. Goreng hingga kuning ke emasan, jika sudah. Angkat kemudian tiriskan..
  9. Sajikan donat panas dengan ditemani secangkir teh atau kopi hangat..
  10. Untuk plating, bisa ditambahkan gula halus, susu kental manis, krim-krim rasa cappucino coklat dll. Sesuai selera. Silahkan mencoba ❤️❣️.

Related posts