Resep Rahasia Chiffon Cake Pandan

Like Comment

Chiffon Cake Pandan.

Chiffon Cake Pandan
Kamu dapat membuat sendiri Chiffon Cake Pandan dengan mudah menggunakan 14 bahan dan 8 langkah. Berikut cara untuk kamu membuat Chiffon Cake Pandan anti gagal.

Bahan-bahan untuk membuat Chiffon Cake Pandan

  1. Sediakan ☝bahan kuning telur.
  2. Kamu butuh 6 butir kuning telur.
  3. Kamu butuh 55 cc jus pandan, dari 30 lembar daun pandan + 50 ml air.
  4. Kamu butuh 30 gr gula.
  5. Sediakan 50 gr santan.
  6. Siapkan 90 ml minyak sayur.
  7. Kamu butuh 150 gr tepung terigu protein rendah.
  8. Siapkan 1 sdt pasta vanili.
  9. Siapkan 3/4 sdt baking powder.
  10. Siapkan 1/4 sdt garam.
  11. Sediakan ✌bahan putih telur.
  12. Sediakan 6 butir putih telur.
  13. Sediakan 150 gr gula pasir.
  14. Siapkan 1/4 sdt cream of tartar.

Instruksi pembuatan Chiffon Cake Pandan

  1. Siapkan bahan,panaskan oven di suhu 160 derajat selama 10 – 15 menit. Siapkan loyang yang bersih.Siapkan loyang chiffon cake diameter 20 cm TANPA diberi olesan mentega dan tepung. Note : bukan juga loyang "non stick pan", supaya kue tidak jatuh dikarenakan kita akan membalikkan loyang pada saat proses pendinginan kue..
  2. Di dalam wadah bersih, masukkan kuning telur dan 30 gr gula pasir. Aduk memakai whisk sampai gula larut dan warna telur menjadi pucat. Lalu masukkan minyak sayur, aduk rata. Masukkan santan instan, air pandan dan pasta vanila. Aduk rata..
  3. Masukkan tepung terigu, baking powder dan garam ke adonan kuning telur sambil diayak. Aduk rata. Sisihkan..
  4. Di wadah lain, masukkan putih telur dan cream of tartar. Kocok dengan mikser dengan kecepatan rendah. Begitu mulai berbusa, masukkan 1/3 gula pasir (dari 150 dari gula pasir), kocok sampai gula larut. Masukkan lagi sisa gula secara bertahap. Naikkan kecepatan mikser dari rendah ke sedang begitu gula telah dimasukkan semua. Kocok sampai putih telur mengkilap, turunkan kecepatan mikser kembali ke rendah, kocok selama 1 menit. Matikan mikser..
  5. Cek kekentalan putih telur dengan mengangkat mikser. Apabila tampak seperti gambar dibawah ini, itu tandanya putih telur dalam tahap stiff peak (ujung putih telur lancip dan kaku) Jika putih telur teksturnya stif peak kue akan sangat kokoh..
  6. Ambil 1/3 bagian dari putih telur dan masukkan ke adonan kuning telur. Aduk balik dengan menggunakan spatula. Masukkan lagi putih telur secara bertahap, aduk balik sampai semua adonan tercampur rata dengan menggunakan spatula.Tuang adonan ke loyang yang telah disiapkan. Hentakkan loyang 2 kali untuk mengeluarkan gelembung udara yang terperangkap diadonan kue..
  7. Panggang di dalam oven selama kurang lebih 1jam, dengan suhu 160 derajat. Setelah menit ke 20, turunkan suhu menjadi 140 – 150 derajat sampai kue matang. Atau sesuai oven masing2. 5 menit sebelum waktu habis, cek kue dengan cara menekan permukaan kue dengan ujung jari. Apabila kue membal kembali dan tidak meninggalkan jejak jari, itu tandanya kue sudah matang. Keluarkan kue dari oven..
  8. Segera balikkan loyang. Berikan jarak antara loyang dan meja untuk mengeluarkan uap panas agar tidak berbalik ke kue pada saat didinginkan. Dinginkan kue selama 1-2 jam.Keluarkan kue dari dalam loyang dengan menggunakan pisau. Pisahkan dari sisi-sisi loyang dan juga dari dasar loyang. Kue siap di potong n di sajikan. Selamat mencoba n semoga suka 😊.

You might like

About the Author: Cindy Pradipta

Memasak bukan hanya tentang bahan, resep, dan masakan. Ini tentang memanfaatkan imajinasi, pemberdayaan, dan kreativitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *